Manfaat Dan Pengaruh Kepiting Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dan Pengaruh Kepiting Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kepiting Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi daging kepiting dari sejak kehamilan dini seminggu 1-2x dapat membuat otak bayi menjadi lebih pintar. Daging kepiting mengandung kadar protein yang cukup tinggi (18g/100g daging), kaya akan kalsium (89g/100g daging), namun rendah kadar kolesterol atau lemaknya dibandingkan dengan seafood lain. Kepiting juga mengandung EPA (eicosapentaenoicacid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yaitu komponen asam lemak Omega-3 yang penting dalam pembentukan membran sel otak pada janin sejumlah 0.3 gram. Jadi untuk ibu-ibu hamil jangan takut untuk mengkonsumsi daging kepiting karena ternyata makan kepiting untuk ibu hamil sangan banyak manfaatnya buat perkembangan otak bayi nantinya.

Perlu diperhatikan, bahwa seafood merupakan sumber protein yang sangat baik namun juga dapat mengandung kontaminan berupa merkuri, dioksin, atau logam berat. Kadar merkuri paling tinggi terdapat pada jenis ikan besar atau ikan pemangsa seperti ikan hiu, makarel (king mackerel), marlin, dan tuna. Pada ibu hamil, tidak disarankan untuk mengonsumsi jenis ikan di atas karena dikhawatirkan kandungan merkuri atau logam berat yang tinggi. Pajanan logam berat yang dikonsumsi ketika hamil dapat menyebabkan keterbelakangan mental atau gangguan perkembangan pada anak.

Pengaruh Logam Berat Terhadap Kehamilan

Logam berat yang masuk ke tubuh ibu hamil berpengaruh negatif pada kehamilan seperti kebutaan, gangguan mental, kesulitan bicara, dan penurunan fungsi komunikasi pada anak.
Mitos bahwa saat hamil tidak boleh makan kepiting juga dibantah kebenarannya oleh Rumah sakit Singapura KKH HealthPedia (Women’€™s and Children’s Hospital). Dalam situsnya www.kkh.com.sg, KK Hospital tidak membenarkan bahwa makan kepiting dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.
Yang benar adalah, ibu hamil disarankan memiliki diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan kalsium. Ketiganya sangat penting bagi tumbuh kembang janin.
Selama tidak mengandung bahan kimia berbahaya, asal dalam kadar tidak berlebih, kepiting baik untuk ibu hamil karena mengandung Asam Lemak Omega 3 yang dibutuhkan bagi perkembangan otak janin. Oleh karena itu, mengkonsumsi kepiting tidak masalah selama tidak mengandung logam berat.

Makanan Seafood Larangan Untuk Ibu Hamil?

Beberapa makanan laut yang sebaiknya dihindari adalah Ikan Hiu, Mackerel, dan Todak. Ikan besar seperti ini biasanya banyak memakan ikan kecil lain sehingga menjadi tempat penimbunan logam berat.
Adapun mengenai kepiting, lebih baik dihindari jika tidak yakin diambil dari habitat yang tidak tercemar logam berat. Beberapa laut di Indonesia diketahui menjadi tempat pembuangan limbah industri.
Terima kasih telah membaca artikel Manfaat Dan Pengaruh Kepiting Untuk Ibu Hamil

Tag : Makanan
1 Komentar untuk "Manfaat Dan Pengaruh Kepiting Untuk Ibu Hamil"

Thanks for info https://bit.ly/2zAzDd6

Back To Top